STRATEGI BISNIS
Menjalankan
bisnis apapun itu, persaingan bisnis sudah pasti ada. Untuk itulah para pelaku
bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang jitu untuk bisa menerobos ketatnya
persaingan. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran bisnis untuk bisnis
yang masih baru yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan produk Anda.
1.
Perkuat Nama Brand Bisnis
Strategi
pemasaran bisnis yang pertama bukan tentang seberapa besar keuntungan yang
dapat Anda raih maupun seberapa banyak laba yang bisa Anda rengkuh dalam jangka
waktu dekat. Namun, yang penting disini adalah seberapa besar brand dan
kekuatan produk yang sedang Anda jalankan sehingga dapt berpotensi untuk
menghasilkan penghasilan dalam jangka waktu yang panjang.
2. Pelajari Banyaknya Kompetitor Anda
2. Pelajari Banyaknya Kompetitor Anda
Tidak
ada hal lain yang lebih sulit dan juga lebih mudah selain Anda mencoba untuk
mendalami dan mengetahui lebih dalam mengenai kompetitor yang menjadi saingan
Anda dalam berbisnis. Mengetahui disini artinya mengetahui apa kelebihan dan
kelemahan kompetitor tersebut. Jika Anda mengetahui apa yang menjadi kelebihan
dari kompetitor tersebut maka Anda bisa mencontohnya, dan sebaliknya jika Anda
mengetahui kelemahan kompetitor tersebut maka jauhilah.
3. Aktif Dalam Berpromosi
3. Aktif Dalam Berpromosi
Promosi
erat kaitannya dengan penguatan brand produk dan peningkatan nilai dimata para
konsumen. Semakin efektif nilai pemasaran dan promosi yang Anda jalani serta di
aplikasikan maka akan semakin besar pula peluang keuntungan yang akan Anda
dapatkan.
4.
Pelajari Kebiasaan Konsumen
Untuk
memberikan pelayanan yang terbaik maka Anda perlu untuk mengetahui layanan dan
juga kebiasaan dari konsumen dalam membeli produk yang Anda jual. Dengan
mempelajari kebiasaan dari konsumen dan menyerap hasil transaksi maka secara
tidak langsung Anda bisa merangkul konsumen Anda menjadi lebih erat lagi agar
lagi sehingga lebih loyal dan nyaman. Kondisi seperti itulah yang berpotensi
untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih lama
lagi.
5. Mampu Memanfaatkan Media Pengembangan
Usaha
Dewasa ini, perubahan gaya hidup masyarakat sangat dipengaruhi
perkembangan teknologi sehingga tidak heran jika kehadiran internet menjadi
salah satu media yang wajib dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, tidak
terkecuali bagi mereka yang baru merencanakan atau sekedar coba-coba untuk
memulai bisnis. Melalui e-Commerce, yaitu sebuah sistem bisnis jual-beli yang
menggunakan perangkat elektronik untuk mempermudah terjadinya transaksi, maka
para pelaku bisnis khususnya UMKM dapat memperoleh sejumlah keunggulan, di
antaranya :
- Toko dapat diakses selama 24 jam tanpa harus menempatkan karyawan yang bekerja selama 24 jam
- Biaya gaji karyawan dapat ditekan
- Jangkauan pasar menjadi lebih luas, bahkan lintas Negara
- Tidak harus menyiapkan tempat penyimpanan sendiri
Media internet saat memiliki banyak pilihan untuk dimanfaatkan mulai
dari social media (Facebook, instagram, twitter, dll.), blog atau
website. UMKM yang sudah Go-Online semakin terbuka peluangnya untuk
mengembangkan usaha dan meraih sukses.
6. Mampu Melihat Peluang Pasar Dan
Konsumen
Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan
untuk menentukan target pasar yang tepat.
Mencari
tahu perekonomian di daerah sekitar. Jika produk yang Anda tawarkan harganya
mahal sangat tidak tepat jika Anda membuka pasar di daerah pemukiman yang
tingkat perekonomiannya menengah ke bawah. Atau sebaliknya, jika produk yang
Anda pasarkan harganya murah meriah tidak tepat jika Anda pasarkan di kalangan
menengah ke atas karena yang mereka cari adalah prestise (kebanggaan) dan
gengsi dari merk tertentu bukan harga yang murah.
Menyamakan
kualitas. Dalam menerapkan strategi pemasaran ke konsumen, sebaiknya sesuai
dengan profil konsumen. Misalnya, untuk kalangan menengah ke atas, Anda dapat
membuat banner, brosur, atau presentasi yang memikat dan berkualitas.
Sebaliknya, untuk konsumen menengah ke bawah, Anda bisa membuat brosur,
pamflet, atau leaflet yang difotokopi dan disebarkan.
Perhatikan
tingkat keamanan. Saat menentukan lokasi usaha sesuai target konsumen, Anda
juga perlu memperhatikan keamanan sekitar. Jangan sampai Anda membuka usaha di
tempat yang rawan dengan tindak kriminal atau pungutan liar. Sebaiknya, pilih
tempat usaha di dekat pemukiman warga yang aman, ramah, dan welcome terhadap
Anda.
Pentingnya
survey. Anda juga bisa melakukan survey dan riset terlebih dahulu sebelum Anda
melakukan ketiga langkah di atas. Setidaknya, Anda dapat memulai riset kecil
dengan menentukan dua hal berikut.
Menentukan kelompok pembeli
Dalam
segmentasi pasar, sebaiknya Anda jangan terjebak dalam pengelompokan
berdasarkan demografi semata. Anda juga harus memperhatikan kebiasaan konsumen
dalam melakukan pembelian suatu produk. Misalnya, para pecinta kuliner malam
hari. Ada yang menyukai bakmi Jawa, ada pula yang lebih memilih gudeg, atau
sekadar makan di angkringan. Merekalah yang disebut kelompok pembeli. Anda
dapat menentukan pasar ceruk atau menyempitkan kelompok pembeli tadi dengan
produk unggulan yang Anda miliki.
Itulah
beberapa strategi pemasaran untuk bisnis baru yang dapat Anda terapkan. Semoga
bermanfaat dan salam sukses!
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar