Strategi Bisnis




STRATEGI BISNIS

Menjalankan bisnis apapun itu, persaingan bisnis sudah pasti ada. Untuk itulah para pelaku bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang jitu untuk bisa menerobos ketatnya persaingan. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran bisnis untuk bisnis yang masih baru yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan produk Anda.
1. Perkuat Nama Brand Bisnis
Strategi pemasaran bisnis yang pertama bukan tentang seberapa besar keuntungan yang dapat Anda raih maupun seberapa banyak laba yang bisa Anda rengkuh dalam jangka waktu dekat. Namun, yang penting disini adalah seberapa besar brand dan kekuatan produk yang sedang Anda jalankan sehingga dapt berpotensi untuk menghasilkan penghasilan dalam jangka waktu yang panjang.
2. Pelajari Banyaknya Kompetitor Anda
Tidak ada hal lain yang lebih sulit dan juga lebih mudah selain Anda mencoba untuk mendalami dan mengetahui lebih dalam mengenai kompetitor yang menjadi saingan Anda dalam berbisnis. Mengetahui disini artinya mengetahui apa kelebihan dan kelemahan kompetitor tersebut. Jika Anda mengetahui apa yang menjadi kelebihan dari kompetitor tersebut maka Anda bisa mencontohnya, dan sebaliknya jika Anda mengetahui kelemahan kompetitor tersebut maka jauhilah.
3. Aktif Dalam Berpromosi
Promosi erat kaitannya dengan penguatan brand produk dan peningkatan nilai dimata para konsumen. Semakin efektif nilai pemasaran dan promosi yang Anda jalani serta di aplikasikan maka akan semakin besar pula peluang keuntungan yang akan Anda dapatkan.
4. Pelajari Kebiasaan Konsumen
Untuk memberikan pelayanan yang terbaik maka Anda perlu untuk mengetahui layanan dan juga kebiasaan dari konsumen dalam membeli produk yang Anda jual. Dengan mempelajari kebiasaan dari konsumen dan menyerap hasil transaksi maka secara tidak langsung Anda bisa merangkul konsumen Anda menjadi lebih erat lagi agar lagi sehingga lebih loyal dan nyaman. Kondisi seperti itulah yang berpotensi untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.
5. Mampu Memanfaatkan Media Pengembangan Usaha
Dewasa ini, perubahan gaya hidup masyarakat sangat dipengaruhi perkembangan teknologi sehingga tidak heran jika kehadiran internet menjadi salah satu media yang wajib dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, tidak terkecuali bagi mereka yang baru merencanakan atau sekedar coba-coba untuk memulai bisnis. Melalui e-Commerce, yaitu sebuah sistem bisnis jual-beli yang menggunakan perangkat elektronik untuk mempermudah terjadinya transaksi, maka para pelaku bisnis khususnya UMKM dapat memperoleh sejumlah keunggulan, di antaranya :
  1. Toko dapat diakses selama 24 jam tanpa harus menempatkan karyawan yang bekerja selama 24 jam
  2. Biaya gaji karyawan dapat ditekan
  3. Jangkauan pasar menjadi lebih luas, bahkan lintas Negara
  4. Tidak harus menyiapkan tempat penyimpanan sendiri
Media internet saat memiliki banyak pilihan untuk dimanfaatkan mulai dari social media (Facebook, instagram, twitter, dll.), blog atau website. UMKM yang sudah Go-Online semakin terbuka peluangnya untuk mengembangkan usaha dan meraih sukses.

6. Mampu Melihat Peluang Pasar Dan Konsumen
Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menentukan target pasar yang tepat.
Mencari tahu perekonomian di daerah sekitar. Jika produk yang Anda tawarkan harganya mahal sangat tidak tepat jika Anda membuka pasar di daerah pemukiman yang tingkat perekonomiannya menengah ke bawah. Atau sebaliknya, jika produk yang Anda pasarkan harganya murah meriah tidak tepat jika Anda pasarkan di kalangan menengah ke atas karena yang mereka cari adalah prestise (kebanggaan) dan gengsi dari merk tertentu bukan harga yang murah.
Menyamakan kualitas. Dalam menerapkan strategi pemasaran ke konsumen, sebaiknya sesuai dengan profil konsumen. Misalnya, untuk kalangan menengah ke atas, Anda dapat membuat banner, brosur, atau presentasi yang memikat dan berkualitas. Sebaliknya, untuk konsumen menengah ke bawah, Anda bisa membuat brosur, pamflet, atau leaflet yang difotokopi dan disebarkan.
Perhatikan tingkat keamanan. Saat menentukan lokasi usaha sesuai target konsumen, Anda juga perlu memperhatikan keamanan sekitar. Jangan sampai Anda membuka usaha di tempat yang rawan dengan tindak kriminal atau pungutan liar. Sebaiknya, pilih tempat usaha di dekat pemukiman warga yang aman, ramah, dan welcome terhadap Anda.
Pentingnya survey. Anda juga bisa melakukan survey dan riset terlebih dahulu sebelum Anda melakukan ketiga langkah di atas. Setidaknya, Anda dapat memulai riset kecil dengan menentukan dua hal berikut.
Menentukan kelompok pembeli
Dalam segmentasi pasar, sebaiknya Anda jangan terjebak dalam pengelompokan berdasarkan demografi semata. Anda juga harus memperhatikan kebiasaan konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk. Misalnya, para pecinta kuliner malam hari. Ada yang menyukai bakmi Jawa, ada pula yang lebih memilih gudeg, atau sekadar makan di angkringan. Merekalah yang disebut kelompok pembeli. Anda dapat menentukan pasar ceruk atau menyempitkan kelompok pembeli tadi dengan produk unggulan yang Anda miliki.
Itulah beberapa strategi pemasaran untuk bisnis baru yang dapat Anda terapkan. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Sumber:










Tidak ada komentar:

Posting Komentar